Selasa, 25 Januari 2011

MASALAH PENGANGGURAN

1. Macam-macam pengangguran
  pengangguran adalah kelompok angkatan kerja yang ingin bekerja tetapi belum mendapat pekerjaan. berikut diuraikan macam-macam pengangguran :
a. pengangguran volunteer
pengangguran volunteer sering disebut sebagai pengangguran suka rela atau pengangguran normal. pengangguran sukarela adalah mereka yang tidak bekerja karena ia merasa sudah sangat cukup hidupnya , biasanya mereka menginginkan pekerjaan dengan pendapatan yang lebih besar.
b. pengangguran involunteer
pengangguran ini sering disebut pengangguran terpaksa. yang termasuk dalam kelompok ini yaitu angkatan kerja, yang ingin bekerja tetapi belum bisa diserap oleh permintaan kerja. pengangguran involunteer dapat dikelompokkan kedalam jenis-jenis berikut :
1. pengangguran structural diakibatkan karena adanya perubahan stuctural ekonomi misalnya structur ekonomi agraris berubah menjadi industri.
2. pengangguran konjungtural timbul karena adanya gelombang naik turunya situasi turunya ekonomi, seperti terjadinya presesi dan depresi sehingga mengakibatkan adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan dan buruh.
3. pengangguran musiman merupakan pengangguran yang terjadi secara musiman
4. pengangguran terselubung yaitu pengangguran yang tidak kentara.
5. pengangguran teknologi diakibatkan oleh adanya kemajuan teknologi.

1 komentar: